Jumat, 15 Januari 2010

Beethoven Si Tuli Pengubah Musik Era Klasik

Banyak tokoh-tokoh klasik yang populer, seperti Mozart, Bach, Wagner, Brhams, dan masih banyak lagi. Tetapi menurut Wagner, hanya “simfoni kesembilan saja yang merupakan musik yang paling indah dalam khasanah musik dunia“. Belum ada satupun pemusik klasik di dunia yang berhasil seperti ungkapan Wagner, kecuali Beethoven.

Bukan saja Cuma pintar main musik, tetapi ada 6 syarat yang harus terpenuhi jika mau diblang sebagai orang yang sukses dalam bermusik. Harus punya bakat, rajin belajar, rajin berkarya, punya sponsor, punya banyak sahabat, baik pria maupun wanita, dan harus punya “nasib baik“. Dan keenam syarat itu sulit dimiliki semuanya oleh Beethoven.

Musik Beethoven memang istimewa. Selalu mengumandangkan cita-cita revolusi besar Perancis, yaitu liberte(kemerdakaan), egalite(persamaan), dan fraternite(persaudaraan). Dialah komponis pertama yang secara tegas menonjolkan individualisme dalam musik.

Gebrakan yang mengejutkan, ia berhasil menyempurnakan musik era klasik rintisan Mozart dan Haydn, berhasil membuka era baru. Era romantik, era musik kelas dunia yang kemudian dilanjutkan oleh pemusik klasik era Schubert, Berliosc, Schimann, dll. Dan Beethoven pun mampu menciptakan simfoni ke sembilan, seperti yang digagas sebelumnnya oleh pemusik handal, Wagner.

Sosok Beethoven adalah sosok pemusik yang penuh kebahagiaan hidup. Tetapi ironisnya, potret serta patung dirinya selalu dilukiskan dengan wajah murung. Konon, itu semua melambangkan niat nuraninya yang paling tulus, yang yidak pernah merasa puas apa yang telah diperbuat.

Tetapi sejarah yang lain mencatat, itu dikarenakan sejak kecil Beethoven menderita tuli. Aneh, bagaimana mungkin ia bisa brkiprah di dunia seni yang membutuhkan pendengaran peka.

Itulah kenapa, sejak muda ia selalu menyendiri, menjauhkan diri dari pergaulan ramai. Tetapi dalam kesendiriannya itulah tercipta karya-karya masterpiece yang abadi. Hanya manusia yang jenius saja yang bisa menciptakan karya gemilang dalam jumlah besar.

Ludwig Van Beethoven lahir 16 Desember 1770 di Bonn(Jerman). Waktu itu usia Mozart 15 tahun, Haydn 38 tahun. Dia anak tertua dari pasutri Johanan Van Beethoven dan Maria Magdalena Keverich. Darah musik meluncur dari sang ayah, meski Cuma pemusik kelas teri lantaran lebih suka mabuk-mabukan. Tetapi itu bisa seperti Mozart, telah menyeret Beethoven menjadi top.

Si cilik Beethoven yang masih berusia empat tahunkala itu dipaksa sang ayah berlatih piano dan biolateru-menerus selama bebrapa jam setiap harinya. Soalnya, Mozart “si anak ajaib“ pada usia empat tahun mampu bermain piano dalam konser umum, dan mampu mengumpulkan uang dari hasil bermain biolanya itu.

Sepanjang hidupnya Beethoven tidak pernah duduk di bangkusekolah. Tetapi ciptaanya yang berupa simfoni sangat memikat dunia. Sampai ia meninggal pada 26 Maret 1829 di Wina, dan dimakamkan di pemakaman dimana 36 tahun sebelumnya pemusik handal dunia, Mozart dimakamkan.

Source: MOP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar